Senin, 11 April 2011

LPKIA

Latar Belakang Kelahiran LPKIA

Dilatarbelakangi situasi kondisi kebutuhan pendidikan komputer yang memadai bagi masyarakat kota Bandung, pada tanggal 1 Agustus 1984 lahirlah Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Amerika (LPKIA) dengan motto "We are not the first, but the best" yang kampusnya berlokasi di jalan Badak Singa nomor 2 Bandung.

Saat itu LPKIA mempelopori pendidikan komputer yang memberi fasilitas setiap siswa masing-masing praktik menggunakan satu unit komputer, dengan dilandasi proses belajar "learning by doing" agar peserta lebih menguasai keterampilan mengoperasikan dan memanfaatkan peralatan komputer.

LPKIA merupakan suatu lembaga pendidikan yang tidak hanya menyelenggarakan pendidikan komputer, berupa kursus komputer yang diberikan kepada para lulusan SMU dan karyawan perusahaan/instansi, tetapi juga aktif menyelenggarakan berbagai seminar dan eksebisi (pameran) yang berkaitan dengan penyebarluasan informasi serta pengembangan ilmu dan aplikasi pengetahuan komputer.

   

Politeknik Komputer Niaga - Tahun 2000

Sesuai dengan pertumbuhan selama itu, LPKIA mengajukan statusnya ke KOPERTIS Wilayah IV Jawa Barat. Tetapnya tanggal 1 Agustus 2000 Depdikbud mengeluarkan SK No. 121/D/0/2000 tentang status LPKIA menjadi POLITEKNIK KOMPUTER NIAGA LPKIA.

Suasana belajar di Lab. Tik. Selain 11 lab. komputer, LPKIA memiliki lab. Simulasi Perkantoran, la. Bahasa, 2 lab. Akuntansi, dan lab. Tik.

Dipilihnya status Politeknik Komputer Niaga karena LPKIA bertujuan menghasilkan calon tenaga kerja (D3) di bidang administrasi niaga yaitu Sekretaris, Informatika, Komputer Akuntansi dan Keuangan yang semuanya berbasis komputer untuk perniagaan.

Dengan status tersebut LPKIA menyelenggarakan dua program pendidikan, yaitu program D3 dan D1. Program Studi D3 meliputi: Manajemen Informatika, Teknik Informatika; Komputerisasi Administrasi Niaga dan Komputerisasi Manajemen Pemasaran; Komputerisasi Akuntansi, serta Komputerisasi Keuangan dan Perpajakan. Sedangkan program studi D1 adalah Modul Komputer Administrasi & Kesekretarisan dan Komputer Aplikasi Perkantoran. Politeknik Komputer Niaga LPKIA selalu berupaya mewujudkan Visinya yaitu, "Lulusan Mudah Bekerja dan Berkualitas dengan biaya terjangkau" secara konsisten, sehingga pada tahun 2007 diperoleh hasil Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai berikut

  • B (Baik) untuk Program Studi KOMPUTERISASI AKUNTANSI

  • B (Baik) untuk Program Studi MANAJEMEN INFORMATIKA

  • A (Baik Sekali) untuk Program Studi KOMPUTERISASI ADMINISTRASI BISNIS

  • Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Ilmu Komputer (Stmik) - Tahun 2003

    Tahun 2001 kampus LPKIA di jln. Soekarno Hatta nomor 456 Bandung yang luasnya sekitar 7.000 m2 memungkinkan LPKIA memperluas program pendidikannya. Pada tahun 2003 telah dibuka program STMIK yang akan mencetak lulusan Sarjana Plus atau Sarjana + Sertifikat Internasional.

    STMIK yang memiliki ijin pendirian nomor 05/D/0/2004, dapat menjawab kebutuhan para alumni LPKIA yang telah lulus D3 dan ingin melanjutkan ke jenjang S1. Keunikan yang ditawarkan oleh STMIK LPKIA adalah lulusannya bukan hanya menjadi sarjana namun dipersiapkan untuk memperoleh Sertifikat Internasional di bidang komputer.

    Program yang ditawarkan STMIK LPKIA adalah Program Studi Teknik Informatika, dan Sistem Informasi, dengan 2 konsentrasi, yaitu Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Informasi Perkantoran.

    Upacara pembukaan STMIK Angkatan I. Sarjana Plus merupakan sasaran kurikulum STMIK LPKIA
    Pengarahan pada Orientasi Studi Mahasiswa baru STMIK

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar